Pelajar di Perbatasan Kalimantan Barat Boleh Sekolah di Sukamara

  • Oleh Norhasanah
  • 13 Juni 2019 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara memberikan kebebasan bagi masyarakat perbatasan Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimnatan Barat (Kabar) yang ingin bersekolah di Sukamara.

"Tidak ada larangan meskipun beda provinsi, karena untuk memperoleh pendidikan merupakan hak warga negara," kata Kepala Disdikbud Sukamara, Chairuddin, Kamis, 13 Juni 2019.

Menurut Chairuddin, selama kuota sekolah yang diinginkan siswa tersebut masih mencukupi, maka calon pelajar tetap akan diterima sebagai peserta didik baru.

"Sekolah yang ada di Desa Sukaramai ini menyurati pemerintah daerah mengenai menurunnya minat anak-anak untuk bersekolah di sana, karena lebih memilih sekolah di Sukamara," teragnya.

Karena alasan kemanusiaan, pihaknya pun tidak bisa membatasi orangtua pelajar, apabila lebih memilih sekolah di Sukamara.

"Lagipula anak-anak Sukaramai yang sekolah di sini juga karena orangtua mereka bekerja di tempat kita," tuturnya.

Sementara itu, Chairuddin juga menjamin, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 tidak ada pungutan liar.

"Saya rasa di Kabupaten Sukamara untuk PPDB tidak pernah ada pungutan uang pendaftaran, tidak ada pungutan apapun untuk siswa baru," tegas Chauruddin. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru