Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Canangkan Kegiatan Secara Swakelola untuk Pemerataan Pembangunan

  • Oleh Naco
  • 13 Juni 2019 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Jhon Krisli berharap pemerintah daerah bisa mencanangkan kegiatan di sejumlah wilayah dengan sistem swakelola. 

Pemerintah kabupaten hanya menyediakan alat berat dan fasilitas untuk pengerjaan. Sehingga hal itu mampu mengefektifkan kegiatan pembangunan di tengah anggaran yang terbatas ini.

Misalnya, dengan program bantuan alat berat, maka percepatan pembangunan dan pemerataan itu bisa tercapai. Apalagi dengan luasan Kotim sekitar 16.000 kilometer persegi ini, membutuhkan anggaran yang tidak sedikit jika ingin menuju pemerataan.

“Saya sudah 3 periode di DPRD Kotim melihat dengan sistem pembangunan yang dipihakketigakan itu kurang berdampak kepada percepatan pembangunan," kata Jhon Krisli, Kamis, 13 Juni 2019.

Jhon yakin dengan gagasan kecamatan yang terisolir mendapat bantuan paket alat berat untuk pengerjaan infrastruktur jalan. Dengan begitu, anggaran bisa lebih hemat daripada dijadikan proyek terus menerus.

Dia mengatakan, anggaran yang jadi proyek itu sebenarnya hanya separuh untuk kegiatan. Sisanya dianggap menguap begitu saja.

Seperti kegiatan fisik nilainya Rp 100 miliar, yang jadi barang itu hanya sekitar Rp 50 miliar. Selebihnya, hilang dipotong pajak, fee, keuntungan, dan lain sebagainya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru