Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Malaka Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Keluar Zonasi, Calon Siswa Bisa Manfaatkan Jalur Prestasi

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Juni 2019 - 09:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala SMA Negeri 1 Sukamara, Edi Kasim menyarankan bagi penerimaan peserta didik Baru (PPDB) tidak bisa masuk jalur zonasi, maka bisa memanfaatkan jalur prestasi.

"Kalau seandainya siswa tidak bisa masuk jalur zonasi karena terlalu jauh, maka jalur prestasi bisa dimanfaatkan," ucap Edi, Jumat, 14 Juni 2019.

Jalur prestasi mendapat kuota 5 persen. Saat ini sudah ada beberapa pendaftar memanfaatkan jalur ini agar bisa diterima dan bersekolah di SMAN 1 Sukamara.

"Keunggulan jalur prestasi ini meski tempat tinggalnya jauh atau berada di luar Sukamara, tapi dia memiliki prestasi sesuai persyaratan, maka akan diterima," terangnya. 

Yang dimaksut jalur prestasi adalah siswa yang pernah mewakili kabupaten, provinsi, bahkan nasional dalam olimpiade atau perlombaan apa saja.

"Jadi bukan siswa yang rangking satu saat sekolah, kalau mencantumkan ini makan otomatis tereliminasi atau tidak masuk" ujarnya.

Dia menambahkan di tahun pelajaran 2019-2020 peserta didik baru yang akan diterima sesuai kuota hanya berjumlah 250 saja, sedangkan peserta yang mendaftar saat ini sudah lebih dari 300 peserta.

"Kemungkinan akan banyak siswa yang akan tereliminasi," pungkasnya. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru