3 Kapal Penumpang Belum Bisa Berlabuh di Pelabuhan Sampit karena Air Surut

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 14 Juni 2019 - 15:02 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Tiga buah kapal penumpang angkutan arus balik ke Pelabuhan Sampit belum bisa berlabuh di Pelabuhan Sampit, Jumat, 14 Juni 2019, karena kondisi air saat ini tengah surut.

Akibatnya, kapal ini melabuhkan jangkarnya di muara Sungai Mentaya. Selain kapal tersebut juga ada sebuah tugboat yang kandas di alur air sungai Mentaya.

"Sementara sekitar pukul 08.00 WIB kapal labuh jangkar di muara Sungai Mentaya. Karena air Sungai Mentaya surut," ujar Humas Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Oktavia Sukma Burnama, Jumat, 14 Juni 2019. 

Tiga kapal tersebut yakni dari KM Lauser, KM Kirana III, dan KM Kirana I. Kapal tersebut mengangkut para penumpang arus balik dari Surabaya dan Semarang. 

Akibat kondisi ini kedatangan menjadi tertunda. Karena masih menunggu air pasang dan juga tugboat yang kandas tepat di alur menunggu bisa berjalan kembali. 

"Kalau tugboat yang kandas berada di Lintang 03-03`669 S. Sehingga ketiganya harus menunggu tugboat tersebut bergerak, dan alur sungai pasang," kata Oktav. 

"Perkiraan kapal akan tiba di Pelabuhan Sampit pada pukul 15.30 WIB," terang Oktav. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru