Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Segera Bantu Korban Banjir di Kumai

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 Juni 2019 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Banjir melanda permukiman warga di Kumai, Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, mulai Kamis, 13 Juni 2019.

Kepala Dinas Sosial Kobar Ahmad Yadi mengatakan, pihaknya segera memberikan bantuan kepada korban banjir setelah mendapat data lengkap mengenai keperluan yang paling dibutuhkan.

"Saat ini sedang dilakukan kordinasi dengan BPBD, camat, dan lurah, terkait data di lapangan. Sehingga dari data itu semua kita bisa siapkan bantuan apa yang akan diberikan kepada mereka," ujarnya saat dihubungi Borneonews, Jumat, 14 Juni 2019.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa rencananya bantuan akan diserahkan oleh Wakil Bupati bersama Ketua DPRD Kobar.

Berdasarkan laporan awal dari Kasi Kesiapsiagaan dan Kedaruratan BPBD Kobar, Pahrul Laji, Kamis, 13 Juni 2019, banjir terjadi di Gang Talar, RT 02 dan Gang Berlian, RT 15, Desa Kapitan, Kecamatan Kumai.

Adapun penyebab banjir akibat intensitas curah hujan tinggi. Selain itu, disebabkan drainase baru di daerah hulu atau Desa Batu Belaman. Kemudian drainase yang berada di daerah permukiman banyak yang tidak berfungsi. Kemudian pendirian rumah atau dapur tepat berada di atas bantaran sungai, muara pembuangan air (hilir) bekelok-kelok, dan terjadi penyempitan.

Data terakhir jumlah rumah yang terdampak banjir sebanyak 37 unit. (DANANG/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru