Legislator Berharap Tidak Ada Pungli dalam Penerimaan Siswa Baru di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Juni 2019 - 17:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas Lawin mengharapkan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB tidak ada yang melakukan pungutan liar atau pungli oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab sehingga memberatkan orangtua atau wali murid.

Menurut Politisi dari Partai Hanura ini penting menjadi perhatian dalam penerimaan siswa baru di semua jenjang pendidikan yang ada di Kabupaten Kapuas.

"Untuk itu kami minta Dinas pendidikan setempat dan pihak terkait dapat mengantisipasi adanya pungli dalam penerimaan murid baru, dan juga kepada masyarakat pun agar turut mengawasi," ucap Lawin kepada wartawan, Jumat, 14 Juni 2019.

Terlebih lagi menurut Lawin, pemerintah telah mengalokasikan 20 % anggaran bagi dunia pendidikan, melalui berbagai program baik itu dana BOS, PIP, DAK pendidikan dan lainnya, untuk mendukung terlaksananya wajib belajar.

"Kami harapkan jangan sampai ada sekolah negeri yang dibiayai negara melakukan Pungli kepada peserta didik baru ketika hendak masuk sekolah," harapnya.

Selain itu, Lawin juga mengimbau kepada Dinas Pendidikan setempat untuk benar-benar menggunakan anggaran sesuai ketentuan dan tepat sasaran. ”Karena peran semua pihak dalam mewujudkannya begitu penting,” tuturnya. (DODI RIZKIANSYAH/B-2)

Berita Terbaru