Sukamara Sajikan Ikan Kelabau pada Festival Kuliner Ikan Khas Unggulan Daerah

  • Oleh Norhasanah
  • 14 Juni 2019 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara akan menyajikan ikan kelabau pada Festival Kuliner Ikan Khas Unggulan Daerah di Palangka Raya pada rangkaian HUT Kalimantan Tengah ke- 62 tahun 2019.

"Ikan yang akan kita sajikan pada acara festival kuliner nanti ikan kelabau," ucap Kepala Dinas Perikanan (Diskan) Sukamara, Fandedi, Jumat, 14 Juni 2019.

Menurut Fandidi, jenis ikan yang disajikan dalam Festival Kuliner Ikan Khas Unggulan Daerah ditentukan langsung oleh provinsi, bukan dari pihak kabupaten.

"Jadi ikan yang disajikan setiap daerah itu memang sudah ditentukan oleh provinsi, termasuk ikan kelabau yang kita sajikan nanti. Untuk mendapatkan ikan kelabau ini kita sudah bekerjasama dengan nelayan," ujarnya. 

Fandedi menambahkan, daerah yang juga menyajikan menu ikan kelabau pada festival kuliner tersebut selain Sukamara juga Lamandau, sementara untuk Kotawaringin Barat menu Ikan baung.

Sedangkan Seruyan menu ikan pipih, Kotawaringin Timur menu ikan jelawat atau manjuha, Kabupaten Katingan menu ikan lais, Gunung Mas menu ikan tapah, dan Kota Palangka Raya menu ikan gabus.

Untuk Pulang Pisau menu ikan tapah, Kapuas menu ikan papuyu, Barito Selatan menu ikan gabus atau behau, Barito Timur menu ikan pipih, Barito Utara menu ikan patin atau saluang dan Kabupaten Murung Raya menu ikan patin. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru