Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Minahasa Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puluhan Desa di Barito Selatan Belum Ajukan Permohonan Pencairan Dana Desa Tahap II

  • Oleh Uriutu
  • 14 Juni 2019 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Buntok –Sebanyak 35 desa di Barito Selatan belum mengajukan permohonan pencairan Dana Desa atau DD tahap II tahun anggaran 2019. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DSPMD Barsel, Supriadi AS mengatakan, untuk DD tahap II anggarannya telah disalurkan dari Rekening Kas Umum Negara atau RKUN ke Rekening Kas Umum Daerah atau RKUN.

“Namun, untuk pencairan DD untuk 35 desa belum bisa dicairkan karena belum mengajukan permohonan pencairannya,” kata Supriadi AS kepada Borneonews, usai rakor percepatan penyusunan laporan realisasi fisik penggunaan DD tahun anggaran 2018, Jumat, 14 Juni 2019.

Ia menyebutkan hal tersebut masih terkendala ada dua Desa belum menyampaikan laporan pertanggungjawaban DD tahun anggaran 2018 dan 33 desa masih menyusun RAPBDes.

“Kami telah beberapa kali mengingatkan mereka agar sesegera mungkin untuk mengajukan permohonan pencairan dengan melengkapi persayaratannya,” tandas dia.

Ia menjelaskan, untuk mempercepat proses tersebut pihaknya pun melaksanakan rapat koordinasi percepatan penyusunan laporan realisasi fisik penggunaan Dana Desa tahun anggaran 2018 dengan mengundang kepala desa.

“Laporan realisasi fisik penggunaan DD tahun anggaran 2018 ini sebagai syarat untuk melakukan pencairan DD tahap II tahun 2019 ini,” jelas dia.

Dalam rapat ini, lanjut dia, pihaknya mengundang Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN, BPKAD dan pihak-pihak terkait.

Mudah-mudahan, lanjut dia, dengan kegiatan ini pihak desa bisa memberitahukan apa kendala mereka sehingga terlambat mengajukan permohonan pencairan. (URIUTU DJAPER/B-2)

Berita Terbaru