Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Supiori Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PWI Kalteng Gelar Workshop Media Cyber untuk Wartawan Online

  • Oleh James Donny
  • 15 Juni 2019 - 13:26 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Tengah melaksanakan Workshop Mediacyber bagi wartawan online,  Sabtu,  15 Juni 2019.

Kegiatan yang digelar di meeting room Hotel Luwansa Palangka Raya ini dibuka oleh Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat,  Nurjaman Mochtar. Hadir juga dalam kegiatan itu Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah Sutransyah. 

Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Nurjaman Mochtar dalam sambutannya pada kegiatan itu mengatakan, banyak kegiatan cyber yang dilakukan saat ini tetapi belum memahami mengenai aturan dalam penggunaan cyber tersebut. Bahkan, tidak menutup kemungkinan adalah wartawan media online,  karena masih banyak wartawan mainstream yang mencari sumber di media sosial. 

"Banyak kegiatan cyber yang belum tercakup aturan  sehingga menyebabkan ada yang terjerat UU ITE," katanya.  Menurut dia, dengan memahami aturan akan membuat pengguna cyber tidak terjerat. 

Media saat ini, kata Nurjaman, mulai bertransformasi. Banyak media cetak dan elektronik bertransformasi dengan membuka kanal untuk mengikuti perubahan zaman. Dengan kondisi yang demikian menjadi hal yang sangat penting bagi media dan jurnalisnya untuk mengenal lebih jauh tentang kegiatan cyber. 

Ketua PWI Provinsi Kalimantan Tengah Sutransyah mengatakan, workshop itu dilaksanakan sehubungan dengan kemajuan teknologi yang telah menyebabkan perubahan untuk dunia jurnalistik.  

"Banyak perusahan pers dari media cetak beralih dan membuka kanal online, namun sayangnya tidak diikuti dengan pengetahuan untuk insan pers," terangnya. 

Melalui kegiatan ini juga harapannya peserta dapat memahami untuk diaplikasikan pada tugasnya sehingga terhindar dari persoalan hukum. "Harapan saya, peserta bisa menyerap ilmu yang  disampaikan oleh narasumber pada workshop ini," kata Sutransyah. (JAMES DONNY/B-2) 

Berita Terbaru