Sudah 7.402 Penumpang Arus Balik Datang di Pelabuhan Sampit

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 15 Juni 2019 - 16:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sejak H+2 hingga H+9 arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah sudah ada 7.402 penumpang yang sudah turun di Pelabuhan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, baik dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya maupun dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. 

"Setidaknya ada 7.402 orang yang turun di Pelabuhan Sampit," ujar Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Sampit Sutarmo, Sabtu, 15 Juni 2019. 

Penumpang yang datang ke daerah ini naik kapal dari dua pelayaran, PT Pelni dengan menyiapkan KM Kelimutu, Leuser, Egon, dan Binaiya. Sedangkan dari PT Dharma Lautan Utama (DLU) ada dua kapal, yakni KM Kirana I dan KM Kirana III. 

"Sampai saat ini arus balik di Pelabuhan Sampit berjalan lancar dan aman. Mudah-mudahan ini berjalan seterusnya," kata Sutarmo. 

Arus balik diperkirakan akan terjadi hingga beberapa pekan ke depan. Dan belum bisa diprediksi kapan terjadi puncaknya. Karena melihat dari tahun - tahun sebelumnya terus terjadi hingga dua bulan setelah lebaran. 

Ini terjadi karena yang datang bukan hanya dari pekerja yang sudah pernah tinggal di daerah ini namun ada juga pendatang baru yang mencoba mencari peruntungan di Kotim.

"Sehingga terkadang arus balik akan lebih banyak dibandingkan arus mudik," imbuh Sutarmo. (MUHAMMAD HAMIM/B-5) 

Berita Terbaru