Sebagian Besar Orang Terlantar di Kotawaringin Barat Karena PHK

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 15 Juni 2019 - 20:38 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pihak Dinas Sosial Kotawaringin Barat hingga pertengahan Juni 2019 telah memulangkan sebanyak 87 orang terlantar, sebagian besar karena pemutusan hubungan kerja atau PHK oleh perusahaan.

"Sebagian besar orang terlantar yang kita pulangkan karena adanya PHK dari perusahaan dan karena tidak sanggup bekerja," ujar Pelaksana Perlindungan Sosial Korban Bencan Sosial (PSKBS) Dinas Sosial Kotawaringin Barat Diansyah, Sabtu, 15 Juni 2019.

Selama ini yang dipulangkan hanyalah orang terlantar, sementara gelandangan belum pernah. Sebab sebagian besar gelandangan adalah orang sekitar Kobar.

"Orang terlantar kebanyakan dari luar daerah jadi kita pulangkan, kalau gelandangan seperti anak - anak beberapa hari yang lalu kita kembalikan ke orangtuannya" katanya.

Beberapa orang yang dipulangkan sebenarnya tidak masuk kategori orang terlantar. Sebab usia mereka masih produktif. Akan tetapi karena rasa kemanusiaan dan ada surat dari kepolisian, jadi dasar pemulangan.


"Usia mereka rata - rata 30 tahunan, akan tetapi kita tawari kerja tidak mau. Intinya mau pulang, kemudian dasar kita memulangkan ada surat dari kepolisian," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru