Kontingen Sukamara Ikuti 12 Cabang Lomba di Festival Budaya Isen Mulang 2019

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Juni 2019 - 11:22 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kontingen Kabupaten Sukamara akan mengikuti 12 cabang lomba pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) 2019 di Palangka Raya. Adapun total kontingen Sukamara sebanyak 134 orang.

"Ada 12 cabang lomba yang kita ikuti," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Sukamara, Ahmad Zunani, Minggu 16 Juni 2019.

Yakni, lomba tari pedalaman dan tari pesisir, pemilihan putra putri pariwisata Kalimantan Tengah, lomba bagasing putra dan putri, lomba melamang, serta lomba menebang, memotong, dan membelah kayu.

Selanjutnya, lomba balogo putra dan putri, lomba menangkap ikan putra dan putri. Lomba dayung tradisonal putra dan putri, lomba menyumpit putra dan putri, lomba besei kambe putra dan putri, sepakbola api, dan lomba karnaval budaya.

Dia menjelaskan, keikutsertaan Kabupaten Sukamara pada FBIM dalam rangka memeriahkan HUT ke 62 tahun Provinsi Kalimantan Tengah tersebut, sebagai upaya menjaga kelestarian budaya lokal.

"Ini juga sebagai media silaturahmi para peserta dan pendamping dari kabupaten kota lainnya," kata dia.

Ahmadi Zunani menambahkan, peserta lomba yang dikirim ke Palangka Raya merupakan pemenang pada Festival Budaya Gawi Barinjam (FBGB), beberapa waktu lalu. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru