Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Samosir Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jalan menuju SMKN 2 Katingan Hilir Ini Banyak Berlubang

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Juni 2019 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Jalan menuju SMKN 2 Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, sudah sejak lama mengalami kerusakan.

Dari pantauan borneonews.co.id, Minggu, 16 Juni 2019, kerusakan jalan yang tembus hingga rumah pribadi Bupati Katingan Sakariyas ini berupa banyak lubang menganga di badan jalan.

Akibatnya, pengguna jalan yang sering melintasi ruas jalan ini, baik siswa SMKN 2 Katingan Hilir maupun warga lainnya, menjadi terganggu. Bahkan, jika tidak waspada bisa menyebabkan mereka kecelakaan.

Menurut pengakuan warga Kasongan yang tinggal di sekitar ruas jalan itu, kerusakan sudah berlangsung satu tahun terakhir. Selama itu, jalan yang berlubang sempat ditambal.

Akan tetapi bekas tambalan kembali rusak akibat sering dilewati kendaraan bertonase besar seperti truk.

"Kadang truk rombongan lewat jalan ini bawa kayu masak arah Palangka Raya, kadang juga ada truk yang mengangkut alat berat," ujar Ari, warga Kasongan.

Menurutnya, jalan menuju SMKN 2 Katingan Hilir selama ini menjadi jalur alternatif bagi warga arah Palangka Raya ataupun arah hulu atau utara Katingan.

"Namun, paling banyak melintasi ruas jalan ini adalah kendaraan besar seperti truk dan lainnya. Saat ini banyak titik kerusakan seperti lubang menganga di tengah badan jalan, mulai dari muara jalan tembus Jalan Soekarno-Hatta hingga muara jalan tembus Jalan Trans Kalimantan."

"Kalau jalan ini dibiarkan tidak diperbaiki, mungkin saja sebulan lagi akan bertambah hancur. Yang kasian anak-anak sekolah, sebab jalan menuju sekolah mereka rusak, dan membahayakan," sebutnya." (ABDUL GOFUR/B-3)

Berita Terbaru