Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Sikan Jadi Tuan Rumah Rakor Pemdes dan BPD Se-Kecamatan Montallat

  • Oleh Ramadani
  • 16 Juni 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Desa Sikan mennjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara.

Rakor berlangsung di Gedung Olahraga Desa Sikan, Minggu, 16 Juni 2019. Rakor ini sebagai ajang untuk tukar informasi dan wujud transparasi.

"Silaturahim dalam rakor diikuti enam kades dan BPD se-Montallat. Sumber dana kegiatan dari Alokasi Dana Desa (ADD)," ujar Pj Kades Sikan Mardian.

Ia melanjutkan, dalam rakor tersebut dipaparkan APBDes supaya masyarakat tahu. Selain itu, kegiatan rakor diharapkan dapat meningkatkan ilmu pengetahuan aparatur desa dan BPD sesuai tugas pokok serta fungsi mereka. 

"Rakor ini turut dihadiri para ketua RT/RW, Tim Penggerak PKK dan aparatur desa," kata Mardian.

Di sela rakor juga diadakan peresmian Gedung Olahraga Tebar Pesona oleh Camat Montallat. Gedung itu dibangun dari APBDes 2018. "Gedung sudah difungsikan untuk pertemuan umum dan olahraga seperti bulu tangkis maupun tenis meja," papar Kades.

Sementara itu, Camat Montallat M Mastur, menjelaskan bahwa seluruh Pemdes dan BPD berkomitmen mengadakan rakor dua bulan sekali. Semua desa akan bergiliran menjadi tuan rumah.

"Sekarang zaman yang tidak ditutupi lagi kegiatan desa. Untuk itu, mari kita awasi bersama agar anggaran dana desa bisa berjalan dengan baik," tuturnya.

Camat menginstruksikan agar Pemdes membuat satu baliho berisi APBDes, sehingga seluruh masyarakat bisa melihat. Kunci berikutnya, ungkap Mastur, adalah pelayanan. Kantor wajib dibuka dan melayani warga, baik jam dinas maupun warga yang sangat mendesak meminta pelayanan.

Lebih lanjut, dia meminta, seluruh warga memahami dan memaklumi tugas aparatur desa. Terlebih dalam waktu dekat ada pemilihan kades di lingkup Kecamatan Montallat. Yakni Pilkades Desa Sikan, Ruji dan Kamawen. Untuk itu, camat berpesan agar tahapan Pilkades dipahami. 

Berita Terbaru