Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskan Sukamara Bekerja sama dengan Nelayan Kembangkan Ikan Kelabau

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Juni 2019 - 17:52 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Sukamara berencana menjalin kerja sama dengan para nelayan untuk membudidayakan ikan kelabau.

"Kita berencana menampung indukan ikan kelabau dari hasil tangkap nelayan yang masih bisa dipelihara," ucap Kepala Diskan Sukamara Fandedi, Minggu, 16 Juni 2019.

Menurut dia, budidaya ikan kalabau sudah  diprogramkan oleh dinas sejak beberapa tahun lalu. Namun masih ada kendala sehingga proses pengembangannya terlihat lambat.

"Ikan kelabau ini ternyata membudidayakannya tidak semudah ikan-ikan lain. Kendala yang kita hadapi ialah ikan ini tidak mau berukuran lebih besar. Penyebabnya kita juga tidak tahu," akunya.

Fandedi berharap, dengan berbagai terobosan yang dilakukan, kalabau yang selama ini menjadi ikan khas daerah bisa dibudidayakan dengan biak, sesuai harapan bupati Sukamara.

"Dengan menampung indukan ikan kelabau dari nelayan ini, mudah-mudahan proses pengembangbiakan bisa lebih mudah dan cepat. Karena budidaya yang dilakukan sejak beberapa tahun ini ikan kelabau diambil indukan dari daerah luar," ujar Fandedi. (NORHASANAH/B-3)

Berita Terbaru