Arus Balik lewat Pelabuhan Kumai Diprediksi Berlangsung selama Satu Bulan

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Juni 2019 - 22:22 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Arus balik jalur laut melalui Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, diperkirakan terus berlangsung hingga satu bulan pasca-Lebaran.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Wahyu Prihanto mengatakan, berdasarkan pengalaman dua tahun terakhir, arus balik khususnya di Pelabuhan Panglima Utar, berlangsung selama satu hingga dua bulan.

"Pengalam kami dari 2017, 2018, dan tahun ini, arus balik di Pelabuhan Kumai akan berlangsung satu hingga dua bulan. Karena jatah libur Lebaran yang diberikan oleh perusahaan tidak serentak, bertahap," ujarnya, Minggu, 16 Juni 2019.

Sehingga, arus balik pun menyesuaikan. Terbukti, sejauh ini arus balik lewat Pelabuhan Kumai masih sekitar 50 persen.

Ia menyebutkan, jadwal kapal arus balik Lebaran pada tahun ini awal hanya 21 kolt. Namun  kemudian ditambah menjadi 25 kolt lantaran melihat potensi baliknya pekerja dari Pulau Jawa ke Kalimantan.

"Banyak dari mereka yang menjadi guru ataupun pekerja kelapa sawit. Karena perusahaan memberikan liburnya tidak serentak, maka ada tahapannya. Sehingga arus balik kami prediksi bisa sampai satu hingga dua bulan," ungkapnya. (DANANG/B-3)

Berita Terbaru