Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Lingkungan Hidup Kotawaringin Barat Gelar Lomba Kebersihan

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Juni 2019 - 11:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka memeringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar lomba kebersihan. Kategori lomba kebersihan dibagi 3, yaitu tingkat kecamatan, sekolah, dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Fitriyana, Senin, 17 Juni 2019, mengatakan penilaian lomba kebersihan dilaksanakan 17 - 22 Juni 2019 untuk kategori SOPD dan Kecamatan.

"Sedangkan Lomba Kebersihan Lingkungan tingkat Sekolah dilaksanakan pada 24 - 29 Juni 2019," jelasnya.

Menurut Fitriana, kriteria lomba kebersihan tersebut disesuaikan dengan kriteria penilaian Adipura. Meliputi kebersihan lingkungan, pengelolaan sampah secara terpilah, penghijauan, kebersihan WC, drainase, pengolahan sampah organik, dan perilaku hidup bersih.

Lomba Kebersihan Lingkungan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kebersihan, kenyamanan, dan kelestarian lingkungan di Kabupaten Kobar.

"Tentunya guna mendukung keberhasilan Kabupaten Kobar meraih anugerah Adipura yang didapat Pangkalan Bun 12 kali berturut-turut. Harapannya, dengan kesadaran dan partisipasi masyarakat mengenai pentingnya lingkungan yang bersih dan lestari, maka akan menimbulkan semangat untuk menciptakan lingkungan bersih dan lestari,” jelas Fitriana.

Adapun penilaian lomba kebersihan tingkat kecamatan dan sekolah akan dilakukan tim gabungan, dan penilaian tingkat SOPD akan dilaksanakan oleh tim independen yang beranggotakan dari perwakilan media cetak serta elektronik, aktivis lingkungan, dan akademisi.

"Pemenang lomba bakal diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019,” pungkasnya. (WAHYU KRIDA/B-11)

Berita Terbaru