Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Kapasitas Jaksa di Tengah Maraknya Hoaks

  • Oleh Naco
  • 17 Juni 2019 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kapasitas jaksa didorong untuk ditingkatkan di tengah maraknya kabar bohong atau hoaks dan menyesatkan. Itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur, Wahyudi melalui Kasi Barang Bukti, Pintar Simbolon pada peringatan hari Persatuan Jaksa Indonesia (PJI), Senin, 17 Juni 2019.

Dia menjelaskan, sering kali diterapkan praktek politik identitas membawa dan mengedepankan isu SARA. Hal itu dimanfaatkan oknum tertentu untuk mengejar kepentingan jangka pendek serta meraih kekuasaan dan kedudukan.

Meski hal itu mengundang bahaya dan berpotensi mengancam keutuhan negara dan bangsa. Belum lagi dengan adanya kelompok dengan paham radikalisme yang berusaha keras memaksakan kehendak ideologi dan bernegara, selain NKRI yang berdasarkan Pancasila

"Begitu pula halnya dengan kemajuan teknologi informasi, yang disalahgunakan sebagai sarana menyebarkan informasi bohong atau menyesatkan, ujaran kebencian, serta adu domba di tengah masyarakat," kata dia.

Sejalan dengan itu, keberadaan PJI diharapkan mampu mendorong meningkatkan kapasitas jaksa, agar menjadi penegak hukum yang selalu mengutamakan integritas kompetensi dan kapabilitas.

"Figur PJI yang seperti itu yang kita yakini akan memiliki performa yang benar-benar mumpuni memiliki kemampuan prima, mampu memprediksi, mengantisipasi, dan mengatasi berbagai masalah persoalan serta problematika yang sedang dan akan dihadapi," tandasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru