Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pasaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotim Sosialisasikan Tahapan Penyusunan APBDes 2020

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 17 Juni 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Timur (Kotim) menggelar sosialisasi tahapan penyusunan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) tahun anggaran 2020. 

Kegiatan itu sekaligus sosialisasi tim klinik percepatan pemberdayaan badan usaha milik desa (BUMDes) kepada seluruh kepala desa dan juga badan pengawas desa di daerah ini, Senin, 17 Juni 2019.

"Hari ini kami melakukan dua kegiatan sekaligus, yakni sosialisasi tahapan penyusunan APBDes dan sosialisasi tim klinik BUMDes," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kotim Halikinnor, saat membuka kegiatan tersebut di Gedung Serbaguna Sampit.

Sosialisasi tahapan penyusunan APBDes dianggap sangat penting. Karena seluruh tahapan harus dimulai dari perencanaan yang dilaksanakan secara transparan, partisipatif, dan tepat waktu oleh seluruh pejabat desa dan BPD. Sehingga atas dasar itulah, pemerintah desa harus selalu memahami dasar regulasi agar tidak salah dalam menjalankan nantinya.

"Sosialisasi ini sangat penting digelar agar pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik nantinya," kata Halikinnor.

Sementara itu, sosialisasi tim klinik sebagai upaya pemerintah agar desa dapat menghidupkan BUMDes. Sehingga desa memiliki pendapat aslinya, dan menjadi penambahan masukan bagi mereka.

"Tim klinik ini nantinya yang akan bisa membawa perubahan bagi keberadaan badan usaha milik desa. Sehingga BUMDes bisa terbentuk dengan baik dan memberikan dampak positif bagi desa kedepannya," terang Halikinnor. (MUHAMMAD HAMIM/B-2) 

Berita Terbaru