Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkayang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Katingan Ingatkan Warga Jangan Membakar Hutan dan Lahan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 17 Juni 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas mewanti-wanti warganya agar tidak membakar hutan dan lahan pada musim kemarau 2019 ini.

Pasalnya, musim kemarau tahun ini diperkirakan mulai berlangsung bulan Juli mendatang. "Tolong kepada masyarakat Katingan pada musim kemarau agar tidak usah membakar hutan dan lahan, sebab dampaknya luar biasa, jangan gara-gara karhutla itu menghambat rencana pemindahan ibukota pemerintahan dari Jakarta ke Kalteng," tutur Bupati Sakariyas saat membuka sosialisasi bahaya kebakaran hutan dan lahan di aula Bappelitbang, Senin, 17 Juni 2019.

Menurutnya, pada musim kemarau 2015 lalu sejumlah wilayah di Katingan terutama yang bergambut tebal terbakar hingga mengakibatkan kabut asap selama lebih sebulan.

"Kita masih ingat kebakaran hutan dan lahan tahun 2015 lalu, itu betul-betul menguras tenaga, sebab dampaknya luas selain mengganggu kesehatan, juga mengganggu transportasdi laut, sungai dan darat," ujarnya.

Bupati mengingatkan kepada warganya agar mengupayakan pencegahan karhutla itu saat musim kemarau.

Di antaranya memperkuat sistem peringatan dini dan deteksi dini. Hal ini sangat penting untuk mencegah karhutla bertambah besar dan penyebarannya bertambah luas.

Lainnya dengan aktivitas posko pengendalian karhutla, baik tingkat kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa.

"Dan yang lebih penting lagi masyarakat sekitar dilibatkan dengan melaksanakan patroli bersama sekaligus mengingatkan masyarakat serta memberikan pembelajaran tentang pentingnya mengantisipasi kebakaran," imbuh Bupati Sakariyas. (ABDUL GOFUR/B-2)   

Berita Terbaru