Hipertensi Penyakit Terbanyak Ditangani Puskesmas Kuala Pembuang II

  • Oleh Reno
  • 17 Juni 2019 - 18:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Selama bulan Maret sampai April 2019 lalu UPTD Puskesmas Kuala Pembuang II terbanyak menangai penyakit hipertensi.

Hal ini diketahui dari hasil rekapan pasien yang ditangani di poli umum UPTD Puskesmas Kuala Pembuang II. Hipertensi mendominasi dari 10 besar penyakit yang telah tertangani.

"Sesuai dengan data yang ada memang hipertensi atau tekanan darah tinggi yang paling banyak kami tangani. Sedangkan keduanya inpeksi saluran pernapasan atas (ISPA)," kata Ali Rahman, Kepala UPTD Puskesmas Kuala Pembuang II, Senin 17 Juni 2019.

Menurut Ali, penyakit kencing manis atau diabetes munitus juga tergolong tinggi yang telah mereka tangani selama dua bulan tersebut.

"Untuk penyakit kencing manis dan hipertensi juga ada dari faktor makan dan faktor gen atau keturunan. Sehingga memang kami juga mengimbau agar masyarakat tetap menjaga dan mengatur pola makannya apabila sudah mengetahui kondisi penyakitnya," ujar Ali.

Sementara untuk penyakit Ispa, terang Ali karena faktor cuaca yang terkadang hujan dan panas. Sehingga mempengaruhi daya tahan tubun dan menimbulkan sakit flu dan pilek. (RENO/B-5)

Berita Terbaru