Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Bentuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah

  • Oleh Norhasanah
  • 18 Juni 2019 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara terus memproses pembentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD, di mana Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah memberikan persetujuan atas rencana tersebut.

"Kita sudah mengikuti proses ini, terakhir sudah ada persetujuan Sekda Provinsi," ucap Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi, Selasa, 18 Juni 2019.

Menurut Ahmadi, setelah mendapat persetujuan tersebut, maka tahapan selanjutnya yang akan dilakukan adalah pembuatan Peraturan Daerah (Perda) oleh legislatif.

"Setelah disetujui ini, kemudian akan kita serahkan kepada DPRD untuk dibuatkan Perdanya. Sementara untuk penyusunannya nanti belum diketahui, apakah dalam anggaran perubahan ini atau dimulai dari anggatan murni, jadi muali Januari," ujar Ahmadi.

Ahmadi menambahkan, untuk Dinas Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB-PPPA) juga telah mendapat persetujuan.

Sementara itu, Bupati Sukamara Windu Subagio mengatakan bahwa pembentukan dua Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dilingkungan pemerintah Kabupaten Sukamara bertujuan untuk memaksimalkan pelayana, baik dalam penangulanan bencana maupun pelayanan KB.

"KB yang saat ini masih bersatu dengan Dinas Kependudukan, sehingga memang perlu dilakukan pembentukan Dinas KB, mengingat kementerian mengharapkan pelayanan bisa dilakukan dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing," jelas Windu.

Windu menambahkan, apabila KB dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tidak dipisah, maka maka pelayanan akan dicost oleh kementerian. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru