Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Langkah Pemkab Sukamara Atasi Abrasi Pantai

  • Oleh Norhasanah
  • 19 Juni 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten Sukamara akan mengatasi abrasi di beberapa titik wilayah Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai.

"Untuk abrasi ini penanganannya di PU, pemerintah sudah ada membuat rencana stategis penangananya, terutama untuk di titik tertentu yang rawan abrasi," ucap Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi, Selasa, 19 Juni 2019.

Biaya penanganan abrasì sangat besar. Meski begitu pemerintah kabupaten terus berupaya agar masalah pengikisan pantai oleh gelombang laut bisa teratasi.

"Memang biaya abrasi ini luar biasa besarnya, jadi kita juga membuat rencana kegiatan ini pada titik-titik yang ditentukan," ujarnya.

Agar program tersebut bisa berjalan baik, pemerintah juga meminta bantuan dana kepada pemerintah provinsi agar abrasi yang terjadi di wilayah Sukamara bisa teratasi dan semakin parah.

"Karena dananya terlalu besar, kita juga meminta suport dana baik dari provinsi APBD1 maupun pusat. Kita juga mungkin bisa bekerjasama dengan kementerian," terangnya.

Sebelumnya, Sekretaris Kecamatan Jelai, Muhammad Aini mengatakan kondisi abrasi pantai di wilayahnya cukup parah. Dalam setahun sepanjang 10 meter hingga 15 meter pantai terkikis dibawa gelombang laut. (NORHASANAH/B-6)

Berita Terbaru