Kawasan Ekosistem Air Hitam Hanya Ada 2 di Dunia, Satunya di Barito Selatan

  • Oleh Uriutu
  • 19 Juni 2019 - 15:42 WIB

BORNEONEWS, Buntok –Kawasan Ekositem Air Hitam atau KEAH hanya ada 2 di dunia. Salah satunya ada di Kalimantan Tengah tepatntanya di Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan.

“Berdasarkan informasi di dunia KEAH hanya ada didua lokasi yakni di Negara Brazil dan di Indonesia tepatnya di Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan,” kata Kepala Bappeda Barsel, Edy Purwanto kepada Borneonews seusai kegiatan expose akhir RIPPARDA 2019-2034, Rabu, 19 Juni 2019.

Ada beberapa objek wisata diwilayah Barsel salah satunya wisata Kerbau Rawa. Berdasarkan hasil penelitian pihak dengan salah satu pergururuan tinggi di Palangka Raya bahwa habitat kerbau rawa di Kecamatan Jenamas, lebih besar dibandingkan di daerah Amuntai, Kalsel.

“Namun sangat disayangkan kedua objek wisata baik KEAH dan kerbau rawa diwilayah Barsel ini masih belum terekpos,” bebernya.

Ekspos rencana induk pembangunan pariwisata Barsel 2019-2034 dimulai dengan melakukan kerja sama feasibility study dengan perguruan tinggi.

"Dari rancangan ini nanti akan muncul produk laporan akhir yang digunakan sebagai dasar pembuatan Raperda kemudian dilanjutkan Perda untuk proses perkembangan pariwisata," jelasnya.

Dia berharap dengan kerjasama ini bisa mengidentifikasi lokasi pariwisata yang bisa kembangkan ke depannya.

"Utama agar kita bisa menggali potensi dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat. Karena salah satu dasarnya adalah adanya Perda tentang kepariwisataan," ucapnya. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru