Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bungo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Komisi C Harap Pemko Maksimalkan Perpustakaan Keliling

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2019 - 16:06 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Rusdiansyah mengharapkan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk dapat memaksimalkan perpustakaan keliling untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama kalangan anak-anak.

"Perpustakaan merupakan salah satu sarana sebagai sumber pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa. Perpustakaan memberikan konstribusi penting bagi terbukanya informasi tentang ilmu pengetahuan," kata Rusdiansyah kepada Borneonews pada Rabu, 19 Juni 2019.

Menurut Rusdiansyah, dengan adanya perpustakaan maka diperoleh data atau informasi yang dapat digunakan sebagai dasar pengembangan ilmu pengetahuan.

"Namun saat ini yang menjadi kendala adalah sulitnya bagi anak-anak dan masyarakat yang berada di wilayah pinggiran dan terluar dari Kota Palangka Raya untuk mendapatkan akses perpustakaan serta taman bacaan," tutur Politisi PKB Kota Palangka Raya ini lagi.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kota DPRD Kota Palangka Raya, Ida Ayu Nia Anggraini mengatakan bahwa di era globalisasi yang serba digital dan online saat ini membuat tergerusnya sikap gemar membaca di kalangan generasi muda.

"Kita melihat, pesatnya teknologi saat ini telah mengikis serta menghilangkan sikap gemar membaca pada kalangan generasi muda," kata Ida Ayu.

Hal itu terjadi menurut Ida, lantaran penggunaan handphone, smartphone maupun gadget yang lebih diutamakan.

"Memang perkembangan dan kemajuan jaman saat ini tidak bisa dihindari. Hanya saja hal terpenting seperti budaya membaca jangan sampai terlupakan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru