Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Pematangsiantar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kesenjangan Pengetahuan Bisa Dikurangi lewat Perpustakaan Keliling

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Juni 2019 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya- Anggota DPRD Kota Palangka Raya dari Fraksi PKB, Rusdiansyah, mengatakan bahwa kesenjangan pengetahuan antara daerah pinggiran dan kawasan perkotaan mungkin saja bisa dikurangi dengan perpustakaan keliling.

"Kita mengharapkan dengan maksimalnya perpustakaan keliling yang mampu menjangkau daerah-daerah pelosok, maka kesenjangan antara daerah pusat kota dan luar kota bisa perlahan-lahan dihilangkan," kata Rusdiansyah kepada Borneonews pada Rabu, 19 Juni 2019.

Pemerataan pendidikan, menurutnya, bisa digali melalui perpustakaan keliling, bila mampu dimanfaatkan potensinya semaksimal mungkin.

"Layanan perpustakaan keliling pada dasarnya bersifat terbuka dan demokratis. Karena perpustakaan keliling melayani semua lapisan masyarakat tanpa membedakaan status sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, kepercayaan maupun status- status lainnya."

"Jadi bila benar-benar mampu dimanfaatkan bagi masyarakat, akan berdampak positif bagi sumber daya manusia dan meningkatkan minat baca untuk generasi penerus bangsa kita," tegas Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya ini.

Sebelumnya, Wakil Ketua I DPRD Kota DPRD Kota Palangka Raya Ida Ayu Nia Anggraini mengatakan bahwa di era globalisasi yang serba digital dan online ini, membuat tergerusnya sikap gemar membaca di kalangan generasi muda.

"Kita melihat, pesatnya teknologi saat ini telah mengikis serta menghilangkan sikap gemar membaca di kalangan generasi muda," kata Ida Ayu.

"Memang perkembangan dan kemajuan zaman saat ini tidak bisa dihindari. Hanya, hal terpenting seperti budaya membaca jangan sampai terlupakan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru