Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Keerom Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembimbing Calon Jamaah Haji Diminta Tak Lalai

  • Oleh Ramadani
  • 19 Juni 2019 - 20:18 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra meminta agar para pembimbing jamaah tidak lalai dalam menjalankan tugasnya dalam membimbing dan menjaga calon jamaah haji selama di Tanah Suci.

Sugianto Panala Putra juga berpesan agar calon jamaah haji dapat mengikuti manasik haji dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai ibadah haji nantinya dapat berkurang karena ketidaktahuan dalam pelaksanaan rukun ataupun sunah haji. 

"Saya berharap jamaah dapat mengambil ilmu dan menyimak dengan benar materi yang disampaikan agar ibadah hajinya dapat berjalan lancar dan mendapatkan haji yang mabrur," harap Sugianto pada bimbingan manasik haji di aula Bapedda Litbang, Rabu 19 Juni 2019. 

Sementara itu, Kepala Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Barito Utara, Tuaini Ismail, juga mengharapkan bahwa seluruh jamaah calon haji  meraih predikat taqwa dengan telah menjalankan rukun Islam yang kelima. 

Namun, H Tuaini mengingatkan jangan sampai hal ini dinodai oleh tiga larangan haji yakni Rafats, Fusuq, dan Jidal.

"Rafats yakni perbuatan dan perkataan yang tidak senonoh, kedua Fusuq perbuatan maksiat, serta yang ketiga Jidal yang memiliki arti tidak dapat menahan emosi yang menimbulkan perkelahian dan perdebatan," jelas Kepala Kemenag Barito Utara. 

Yang tak kalah penting, lanjut dia, bahwa jamaah haji harus selalu menjaga kesehatan, mengingat kloter Barito Utara yang bergabung dengan Kabupaten Barito Selatan dan Sukamara ini termasuk dalam kloter ke 18. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru