Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Gelar Pelatihan Sistem Infomasi Data Gender dan Anak 

  • Oleh Norhasanah
  • 20 Juni 2019 - 11:42 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemkab Sukamara melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMDPP-PA) menggelar pelatihan sistem informasi data terpilih gender dan anak tahun 2019. 

"Data terpilih adalah data berdasarkan jenis kelamin. Berupa data kuantitatif atau kualitatif yang dikumpulkan dan dipresentasikan berdasarkan jenis kelamin," kata Wakil Bupati Sukamara, Ahmadi saat membuka kegiatan, Kamis, 20 Juni 2019.

Menurutnya, data terpilih menggambarkan peran, kondisi umum dari laki-laki dan perempuan dalam setiap aspek kehidupan di masyarakat. Meliputi, politik, budaya, pertahanan dan keamanan, serta lainnya.

"Data gender dan anak ini akan menjadi elemen pokok bagi terselenggaranya Pengarusutaman Gender  (PUG) dalam pemenuhan hak laki-laki, perempuan, dan anak di berbagai bidang pembangunan," ujarnya.

Pelaksanaan pengarusutamaan gender diamanatkan dalam instruksi Presiden nomor 9 tahun 2000. Serta ditegaskan kembali dalam Peraturan Presiden nomor 2 tahun 2005 tentang RPJMD 2015 - 2019.

"Pelaksanaan PUG telah menjadi keharuasan untuk dilaksanakan setiap bidang tugas masing-masing. Diharapkan, dapat mengintegritaskan pengarusutamaan gender pada setiap tahapan proses pembangunan," jelas Ahmadi. (NORHASANAH/B-11)

Berita Terbaru