Ini Bentuk Program Perlindungan Sosial dari Pemerintah

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Juni 2019 - 13:02 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyampaikan sejumlah poin terkait dengan perlindungan sosial terhadap masyarakat. 

Ini disampaikan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten II Setda Kalteng, Nurul Edy pada acara rapat koordinasi perlindungan sosial di aula Bappedalitbang, Kamis, 20 Juni 2019.

"Bentuk program perlindungan sosial banyak sekali yang diberikan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Salah satunya yang paling dikenal masyarakat adalah beras untuk orang miskin atau Raskin," katanya.

Program lainnya yakni Jaminan Kesehatan Masyarakat atau Jamkesmas, Kartu Indonesia Sehat atau KIS, Kartu Indonesia Pintar atau KIP, Program Keluarga Harapan atau PKH dari Kemensos dan lain-lain.

Dia menuturkan perlindungan sosial harus diorganisir oleh negara, dalam hal ini Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia serta pemerintah daerah.

Gubernur menambahkan, sangatlah penting adanya upaya terpadu dan terkoordinasi para pemangku kepentingan atau stakeholder secara berjenjang dalam menunjang berbagai kebijakan dan program kerja pemerintah.

Terutama program perlindungan sosial bagi masyarakat baik yang sedang maupun yang akan dilaksanakan kedepan. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru