Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Banggai Laut Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Ingatkan Kabupaten dan Kota Tetapkan Status Siaga Darurat Karhutla

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Juni 2019 - 13:52 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran mengingatkan kepada pemerintah kabupaten dan kota segera menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Pesan ini disampaikan saat rapat koordinasi peningkatan pengendalian Karhutla di lantai III aula Eka Hapakat, kantor Gubernur Kalteng, Kamis, 20 Juni 2019.

"Jangan sampai terlambat menetapkan status. Kita sedia payung sebelum hujan," katanya. Pesan lainnya yang disampaikan gubernur adalah pemerintahan kabupaten dan kota mengintensifkan patroli, sosialisasi dan langkah lainnya dalam upaya pencegahan, deteksi dini ancaman Karhutla.

Kemudian jika status siaga darurat sudah ditetapkan bupati maupun wali kota segera bentuk satuan tugas dan aktifkan posko, bentuk pos lapangan pada desa rawan Karhutla.

Selanjutnya pemerintah kabupaten dan kota harus mengoptimalkan peran tokoh adat, agama, masyarakat, relawan, organisasi masyarakat, organisasi non pemerintah dalam upaya pencegahan secara dini.

"Pemerintah provinsi akan menetapkan status siaga darurat jika pemerintah kabupaten dan kota sudah menetapkan status siaga darurat bencana Karhutla," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-6/Adv)

Berita Terbaru