Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Musirawas Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Bentuk Program Inovasi Desa Dorong Pemanfaatan Dana Desa Secara Berkualitat 

  • Oleh Uriutu
  • 20 Juni 2019 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Program Inovasi Desa atau PID salah satu upaya Pemkab Barito Selatan mewujudkan nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Negara atau RPJMN.

Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DSPMD Barsel pun bekerjasama dengan P3MD menggelar rapat koordinasi I Tim Inovasi Kabupaten (TIK) tahun 2019 dengan mengundang tim inovasi dan para pendamping desa.

Kepala DSPMD Barsel, Supriadi AS mengatakan, melalui rakor TIK ini pihaknya ingin mendorong dan memfasilitasi penguatan kapasitas desa terutama dalam mengembangkan desanya. 

Adapun yang menjadi sasaran untuk pengembangan di antaranya ekonomi desa, sumber daya manusia dan infrastruktur di desa.

"Pemerintah desa harus memiliki inovasi untuk kemajuan desanya, yang berujung pada peningkatan kesejahteraan warga desa. Ini juga alasan yang mendasari dikucurkannya dana desa, yakni untuk membantu mendorong pengembangan inovasi yang ada di desa ," kata Supriadi usai kegiatan kepada Borneonews, Kamis, 20 Juni 2019.

Ia menjelaskan, inovasi desa bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan pengembangan rencana pembangunan desa, sehingga perlu dibarengi dengan meningkatkan produktivitas masyarakat desa, supaya muncul kemandirian ekonomi.

"Selain itu juga tujuan dari PID adalah untuk mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi pedesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan," jelas dia.

Satker P3MD-PID, Etty Aprilya, menjelaskan PID merupakan program dari Kementerian Desa PDTT yang mana untuk mendorong pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas. Sebagai upaya percepatan peningkatan pembangunan desa.

"Mudahan di Barsel ada produk atau program desa yang bisa masuk di bursa nasional Kementerian Desa," harap dia. (URIUTU DJAPER/B-5)

Berita Terbaru