Desa di Barito Utara Ini Kembangkan Tenun Tradisional

  • Oleh Ramadani
  • 20 Juni 2019 - 20:56 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Pemerintah Desa Sei Rahayu I, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan bidang usaha mengembangkan tenun tradisional.

Pj Kepala Desa Sei Rahayu I, Suryadi mengatakan, BUMDes untuk usaha tenun tradisional didirikan atas dasar kesepakatan bersama masyarakat desa.

"Modal awal BUMDes Rp 100 juta yang dialokasikan dari Dana Desa (DD)," katanya, Kamis, 20 Juni 2019.

Tenun tradisional yang diolah di BUMDes Sei Rahayu I ini berupa produk kain dan sarung. Produk ini dipasarkan ke Muara Teweh.

"Selain dipasarkan kita juga melayani pembelian di desa,  melalui orang yang sudah kita tunjuk sebagai pengurus," kata Suryadi. 

Suryadi berharap dengan adanya badan usaha seperti tenun ini masalah pemasaran bisa dibantu dinas terkait,  salah satunya melalui promosi pada tiap kesempatan.

Usaha tenun diharapkan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.  "Dengan adanya usaha tenun milik desa ini, para ibu-ibu dapat bekerja membantu ekonomi rumah tangga, " katanya. 

Suryadi memaparkan, harga jual sepotong kain tenun kisaran Rp 150 ribu, tergantung mutu benang tenun tersebut.  "Hasil tenun kita utamakan mutu untuk konsumen, agar nantinya mutu dapat terjaga kualitasnya," katanya.(RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru