Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gubernur Ingatkan Tetap Perhatikan Petani di Musim Kemarau

  • Oleh Budi Yulianto
  • 20 Juni 2019 - 21:36 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, ancaman kebakaran hutan dan lahan harus ditekan demi mewujudkan 2019 bebas kabut asap.

Namun demikian, ia juga mengingatkan untuk tetap memperhatikan nasib para petani khususnya yang berladang di musim kemarau.

"Kalau ada yang membakar karena disuruh perusahaan atau perusahaan yang membakar lahan, harus ditindak tegas tanpa pandang bulu," kata gubernur, Kamis, 20 Juni 2019.

"Tapi jika untuk bertani, berladang (pribadi dan benar-benar dijaga dengan luas terbatas) saya minta bupati, wali kota berempati dengan masyarakat. Segera membuat jaminan jangan sampai masyarakat yang mencari sesuap nasi merasakan pahitnya jeruji besi," ungkapnya.

Soal berapa maksimal luasannya, gubernur menyebut masih dalam pembahasan pada rapat koordinasi peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pada 2016, 2017 dan 2018, kebakaran hutan dan lahan berhasil ditanggulangi sehingga Kalteng bebas kabut asap.

"Tahun ini, komitmen kita tetap sama, yaitu mewujudkan provinsi Kalimantan Tengah bebas kabut asap, meskipun ancamannya jauh lebih tinggi dibanding 2018 karena kemungkinan terjadinya el-nino moderat,"

"Tetapi, saya percaya dengan sinergitas kita semua, kita dapat mewujudkan Kalteng bebas kabut asap 2019," tuturnya. (BUDI YULIANTO/B-2/Adv)

Berita Terbaru