Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lampung Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Desa Liju Bangun Embung Atasi Kebutuhan Air Bersih Masyarakat

  • Oleh Ramadani
  • 20 Juni 2019 - 23:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Kesulitan masyarakat Desa Liju, Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara untuk mendapatkan air bersih tergolong krisis. Untuk itu, Peerintah Desa Liju berinisiatif untuk melakukan program penyediaan air bersih.

Pemerintah Desa Liju kini telah membangun embung air atau tempat penampungan air dan Pamsimas guna mengatasi kebutuhan warganya akan air bersih.

Kepala Desa Liju, Pilotius mengungkapkan, penyediaan air bersih merupakan program prioritas pembangunan di desa.  “Ketersediaan air bersih menjadi salah satu permasalahan di desa kami. Hal ini pula juga dirasakan di beberapa desa di Kecamatan Teweh Timur antara lain, Desa Mampuak I, Desa Mampuak II dan Desa Pantung juga mengalami nasib yang sama,” terang Pilotius, Kamis 20 Juni 2019.

Pilotius menjelaskan, pada 2019, pihaknya mencanangkan pembagian tong penampungan air berkapasitas 1.200 liter kepada masing-masing warga desa. “Pengadaan tong penampungan air ini akan menggunakan anggaran yang bersumber Dana Desa (DD),” jelasnya.

Pilotius meminta kepada warga yang mendapatkan tong penampungan air ini agar dapat menjaganya dengan baik. Karena tong penampungan air tersebut adalah salah satu aset Pemerintah Desa (Pemdes) yang dipinjamkan kepada masing masing warga.

Selain pembangunan sarana air bersih, tambah dia, pihaknya juga memprogramkan pembuatan lokasi wisata berupa tempat pemancingan yang tidak jauh dari embung yang sudah dibangun. “Lokasi wisata itu nantinya akan dikelola dengan baik dan menjadi sumber pendapatan desa,” pungkasnya. (RAMADHANI/B-2)

Berita Terbaru