Aplikasi Pilkada Terintegrasi dengan Excel

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kebun Kelapa Sawit Swadaya di Seruyan akan Diremajakan

  • Oleh Reno
  • 21 Juni 2019 - 00:34 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Kebun kelapa sawit swadaya di Kabupaten Seruyan akan diremajakan.

Peremajaan kebun kelapa sawit swadaya tersebut merupakan tindaklanjut dari surat perjanjian swakelola antara Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia dengan Dinas Pangan dan Pertanian Seruyan pada 28 Februari 2019.

Untuk itu, digelar sosialisasi program peremajaan kelapa sawit pekebun melalui pendanaan Badan Pengelolaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS dan Bimbingan Teknis Aplikasi Online Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Aula Hotel Junjung Buih, Kuala Pembuang, Kamis 20 Juni 2019.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pekebun swadaya dalam industri kelapa sawit berperan sebagai rantai pasokan bagi keberlangsungan pabrik kelapa sawit," terang Asisten Adminstrasi Umum Agus Suharto mewakili Bupati Seruyan Yulhaidir.

Menurut Agus, berdasarkan data pada dinas ketahana pangan dan pertanian Kabupaten Seruyan tahun 2018 luas perkebunan swadaya komoditi kelapa sawit di Kabupaten Seruyan seluas 15.728 hektare.

Sementara luas kebun plasma perkebunan kelapa sawit yang bermitra dengan perusahaan perkebunan seluas 13.541,25 hektare.

Agus berharap, program peremajaan kelapa sawit pekebun melalui pendanaan badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit tahun anggaran 2019 ini produktivitas kebun milik pekebun swadaya dan plasma dapat meningkat. Sehingga berdampak pada meningkatnya pendapatan para pekebun kelapa sawit di Kabupaten Seruyan. (RENO/B-2)

Berita Terbaru