Sekda Minta Guru Tanamkan Pendidikan Karakter Bangsa

  • Oleh Norhasanah
  • 21 Juni 2019 - 11:54 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sekretaris Daerah (Sekda) Sukamara meminta agar seluruh guru di Bumi Gawi Barinjam dapat menanamkan pendidikan karakter kebangsaan kepada siswanya.

"Kepada bapak dan ibu guru, selipkanlah pelajaran karakter kebangsaan kepada siswanya," ucap Sutrisno, Jumat, 21 Juni 2019.

Menurut Sutrisno, terkadang masih ada siswa yang tidak hafal dengan lagu-lagu kebangsaan. Hal tersebut adalah dampak dari tidak ditanamkannya karakter kebangsaan kepada peserta didiknya.

"Pendidikan kebangsaan ini bisa diimplementasikan dengan menutup jam belajar dengan menyanyikan lagu kebangsaan. Karena ini tidak diterapkan, terkadang masih ada siswa yang tidak hafal lagu kebangsaan seperti Halo - Halo Bandung," ujarnya.

Sebelumnya, pihak DPRD juga menyampaikan harapannya agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukamara bisa memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada para guru sehingga nantinya bisa kembali disalurkan kepada peserta didiknya.

"Diharuskan memberikan peningkatan dalam hal wawasan kebangsaan bagi tenaga pendidik," pinta Anggota DPRD Sukamara Dapil 3 Hadi Rahman.

Pihaknya berharap, dengan adanya peingkatan wawasan kebangsaan kepada para pengajar, maka ke depan akan lahir pemahaman tentang nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

"Dan dalam melaksanakan kewajiban sebagai tenaga pendidik dengan penuh dedikasi dan tanggungjawab," tukas Hadi Rahman. (NORHASANAH/B-2) 

Berita Terbaru