Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Katingan Soal Banjir

  • Oleh Abdul Gofur
  • 21 Juni 2019 - 13:46 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir akibat luapan Sungai Katingan hingga kini masih berlangsung, terutama di wilayah hilir seperti Kecamatan Tasik Payawan dan Kamipang.

Selain itu banjir juga masih menggenangi sejumlah wilayah Kecamatan Katingan Hilir seperti Kampung Banjar.

Sebelumnya 9 wilayah kecamatan di Kabupaten Katingan terdampak banjir akibat luapan Sungai Katingan.

8 kecamatan itu yakni Bukit Raya, Katingan Hulu, Marikit, dan Sanaman Mantikei. Kemudian Katingan Tengah, Pulau Malan, Tewang Sanggalang Garing, Katingan Hilir, Tasik Payawan dan Kecamatan Kamipang.

Terkait bencana banjir yang 'kerap' terjadi di wilayah Kabupaten Katingan ini, menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Katingan, Hap Baperdo, Jumat, 21 Juni 2019 karena dipengaruhi beberapa faktor.

"Kalau kita amati curah hujan dalam sebulan terakhir cukup tinggi. Kemudian memang banyak tutupan lahan di wilayah kita yang berkurang," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hap Baperdo.

Hap Baperdo mengatakan selain karena pembukaan lahan baru skala besar, berkurangnya tutupan lahan itu juga karena penggundulan hutan. Lainnya adanya kegiatan penambang tanpa izin, terutama yang beroperasi di sungai.

Akibatnya, kata Hap saat hujan turun limbah berupa lumpur terbawa arus ke sungai hingga menyebabkan saluran mengalami pendangkalan.

"Jadi tidak herna kalau sekarang intensitas hujan sedang saja sungai sudah meluap," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/b-6)


TAGS:

Berita Terbaru