Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sumatra Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Peremamajaan Kelapa Sawit di Seruyan Ditanggung Pemerintah

  • Oleh Reno
  • 21 Juni 2019 - 14:32 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Pemerintah pusat telah menanggung biaya peremajaan kelapa sawit pekebun di Kabupaten Seruyan.

Program peremajaan kelapa sawit pekebun melalui pendanaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada tahun anggaran 2019 di Kabupaten Seruyan ditargetkan dengan luas 1.550 hektare dengan jumlah anggaran Rp 38.750.000.000.

"Nanti akan sisalurkan oleh perbankan yang sudah ditunjuk oleh Pemerintah Kabupaten Seruyan melalui Bank Kalteng dan bekerjasama dengan pendanaan badan pengelola dana perkebunan kelapa sawit," Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Seruyan, Sugian Noor, Jumat 21 Juni 2019.

Bahkan mereka telah melaksanakan sosiaisasi program peremajaan kelapa sawit dan diharapkan dapat bermanfaat terutama bagi pekebun swadaya kelapa sawit dalam rangka meningkatkan produktivitas kebun.

"Selain itu juga melalui peremajaan kelapa sawit itu nantinya dapat meningkatkan pendapatan pekebun kelapa sawit di Seruyan," ujarnya.

Menurut Sugian, yang masuk dalam kreteria program peremajaan tahun 2018 yakni usia tanam diatas 20 tahun, produktivitas kurang dari 10 ton per hektare.

"Bantuan dana yang diberikan kepada masing-masing pekebun sebesar Rp 25 juta per hektare" pungkasnya. (RENO/b-6)

Berita Terbaru