Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pelalawan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

BPBD Barito Selatan Siaga Antisipasi Bencana Alam

  • Oleh Uriutu
  • 21 Juni 2019 - 15:22 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Kabupaten Barito Selatan bersiaga mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam.

Kepala BPBD Barito Selatan, Alip Suraya, Juma,21 Juni 2019 mengatakan siaga bencana ini menindaklanjuti hasil rapat koordinasi dengan pemerintah provinsi yang telah menetapkan status siaga darurat bencana kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla.

“Untuk wilayah Barsel ditetapkan status siaga bencana Karhutla mulai dari 20 Mei sampai 17 Agustus 2019,” kata Alip.

Dia membeberkan menindaklanjuti hal tersebut Bupati Barsel menetapkan posko untuk menghadapi siaga bencana Karhutla.

Di posko tersebut BPBD melakukan piket gabungan bersama beberapa instansi terdiri dari Dinkes, Dinsos, Satpol-PP dan Damkar, TNI-Polri, Pertanian, Orari, Tagana dan Manggala Agni.

“Karena fungsi kita mengkoordinir, komando, dan melakukan pencegahan dengan melibatkan beberapa instansi tersebut,” jelasnya.

Selain itu pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan penyuluhan serta melakukan tindakan apabila ada bencana dengan intansi gabungan dimaksud.

Tim ini tergabung dalam Tim Reaksi Cepat atau TRC untuk mengantisipasi dan mencegah bencana alam, baik Karhutla, Banjir, orang hilang dan berbagai bentuk bencana. (URIUTU DJAPER/B-6)

Berita Terbaru