Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Barito Utara Siap Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

  • Oleh Ramadani
  • 21 Juni 2019 - 19:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra, Jumat, 21 Juni 2019 mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) siap mengantisipasi dan menanggulangi kebakaran hudan dan lahan (Karhutla). 

Saat ini, kata Wabup, telah terbentuk tim gabungan penanggulangan Kebakaran Hutan Dan Lahan yang terdiri dari BPBD, Polres, Kodim 1013 Muara Teweh, dan Manggala Agni.

Sugianto mengimbau masyarakat terutama pemilik lahan dalam pembukaan lahan untuk bercocok tanam atau berladang agar tidak melakukan dengan cara membakar. 

“Kita akan terus memonitor lokasi yang rawan terhadap kebakaran hutan maupun lahan serta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membakar lahan,” katanya setelah menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) peningkatan pengendalian Karhutla Tahun 2019 Provinsi Kalimantan Tengah, Jumat, 21 Juni 2019. 

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran menyampaikan bahwa diperkirakan tahun 2019 ancaman kebakaran hutan dan lahan yang lebih besar, karena adanya el-nino moderat. 

Maka diperlukan langkah antisipasi agar ancaman yang ditimbulkan dapat diminimalisir. Sugianto Sabran meminta agar setiap kabupaten/kota dapat menetapkan ststus siaga dalam penanganan kebakaran lahan dan hutan. ((RAMADHANI/B-5)

Berita Terbaru