Kuota Elpiji Subsidi untuk Kotim Sangat Cukup, Siapa Menikmatinya Selama ini?

  • Oleh Naco
  • 22 Juni 2019 - 09:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Alexius Esliter menyebutkan kuota elpiji subsidi 3 kilogram untuk Kotim sudah sangat cukup. Namun yang jadi pertanyaan siapa yang ikut menikmatinya.

"Buktinya masih banyak masyarakat miskin yang menikmatinya. Apalagi yang tinggal di desa," kata Alexius, Sabtu, 22 Juni 2019.

Kondisi ini sebetulnya, kata dia, sudah lama dikeluhkan masyarakat, namun sayangnya sampai saat ini pemerintah daerah tidak serius menangani permasalahan tersebut. 

"Kami di DPRD sudah berupaya membantu menyelesaikan masalah itu, namun kewenangan DPRD sangat terbatas sehingga tidak dapat berbuat banyak," tukasnya.

Alexius mengatakan, dalam satu bulan Kabupaten Kotim mendapat jatah dari Pertamina sebanyak 80.000 tabung gas elpiji subsidi yang disalurkan melalui 5 perseroan terbatas (PT) dan 400 pangkalan elpiji.

"Kuota yang sangat besar tersebut sebetulnya lebih dari cukup jika distribusinya benar-benar diawasi agar tepat sasaran dan sampai kepada masyarakat yang berhak menggunakannya, yakni masyarakat kurang mampu atau miskin," tandasnya.

Namun sayang itu tidak terjadi. Ia mensinyalir justru sebaliknya, masyarakat yang menikmati gas subsidi itu adalah mereka yang dikategorikan mampu. Sehingga pendistribusiannya tidak tepat sasaran. (NACO/B-2)


TAGS:

Berita Terbaru