Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Arus Lalu Lintas di Simpang Empat Sampuraga Lancar setelah Rambu Lalu Lintas Diperbaiki

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 22 Juni 2019 - 14:42 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Arus lalu lintas di simpang empat Sampuraga Pangkalan Bun lancar, setelah rambu lalu lintas (traffic light) atau di kawasan itu diperbaiki, Sabtu, 22 Juni 2019. 

Hampir dua pekan lebih, lampu merah di jalan tersebut mati. Selama itulah lalu lintas menjadi kacau. Setiap hendak melintasi jalan tersebut harus waspada lantaran lampu merahnya mati. Matinya lampu merah karena rusaknya software akibat tegangan listrik.

"Jadi kerusakan pada softwarenya, dan yang memiliki softwarenya hanya saya dan ini ada hak ciptanya. Kalau hardwarenya bisa beli dimana - mana, tetapi kalau softwarenya dari saya," ujar Asep (60), teknisi dari Bandung, Sabtu, 22 Juni 2019.

Dia menjelaskan, over tegangan bisa terjadi manakala ada petir. Petir menyambar kabel listrik kemudian menyebabkan tegangan tinggi, jadi bukan pertir menyambar alatnya.

"Jadi petir itu bukan menyambar alat traffic light, akan tetapi menyambar kabel listrik sehingga terjadilah tegangan tinggi dan alatnya rusak, karena software itu sensitif," ungkapnya.

Kata dia, ketika petir menyambar ke kabel listrik maka tegangan listrik akan naik 600 - 700 volt. "Beberapa jenis elektronik seperti TV dan lainya pasti jebol," ungkapnya.

Sebelum meninggalkan lokasi, Asep memerintahkan rekan kerjanya untuk melakukan pengecekan di setiap titik, apakah sudah menyala semua atau belum. 

"Setelah perbaikan seperti ini saya tinggal di sini sekitar dua hari dulu, setelah dipastikan aman barulah saya pergi ke tempat lain," pungkasnya. (DANANG/B-2)

Berita Terbaru