Kembangkan UMKM, Usaha di Kawasan Ikon Jelawat Dibuka Lagi

  • Oleh Naco
  • 23 Juni 2019 - 09:32 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Usaha di kawasan Ikon Jelawat, Sampit, Kabupaten Kotawaringim Timur (Kotim) dibuka lagi. Namun itu dilakukan dengan skala terbatas.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotim, Redy Setiaaan mengatakan kegiatan seperti penyewaan bagi jasa rekreasi anak-anak hanya memanfaatkan pelataran toko sekitar.

"Sementara untuk kawasan patung harus steril dari kegiatan seperti itu," kata Redy, Minggu, 23 Juni 2019.

Sedangkan kawasan pelataran atas untuk kegiatan Kadin yang dikelola melalui UMKM melalui kegiatan bazar pada malam Kamis, malam Minggu dan Minggu pagi.

Semua kegiatan itu sebagai upaya menumbuhkan ekonomi kreatif secara terpadu, baik wisata dan budaya serta pemberdayaan masyarakat ekonomi kerakyatan.

"Termasuk untuk menumbuhkan produk UMKM lokal," tegas mantan Kepala Dina PMD Kotim ini. Usaha UMKM lokal itu seperti kue khas lokal, usaha kerajinan masyarakat dan kesenian daerah agar mampu dipasarkan dan diberdayakan melalui kawasan objek wisata daerah.

Sementara itu Ketua Kadin Kotim, Susilo menyebutkan kegiatan di kawasan Ikon itu jadi agenda rutin mingguan Kadin bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian sebagai sarana memasarkan produk dan kebudayaan daerah.

"Kegiatan itu dilauncing sepekan lalu, ini sebagai salah satu tempat menghidupkam UMKM kita yang kita beri nama creative zone," tandasnya. (NACO/B-6)

Berita Terbaru