Dorong Kerjasama BUMDes untuk Pasarkan Produk Desa

  • Oleh Reno
  • 23 Juni 2019 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang  - Pemerintahan desa atau pemdes di Kabupaten Seruyan yang sudah memiliki Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes diminta agar dikelola dan diberdayakan dengan baik dan maksimal.

"Bagi Pemdes yang sudah memiliki BUMDes supaya mereka dapat mengelola unit-unit usaha dengan maksimal. Agar hasil atau pendapatan asli desanya bisa maksimal pula," kata Rivanie Lesmana, Pendamping BUMDes di Kuala Pembuang, dikonfirmasi, Minggu 23 Juni 2019.

Menurut Rivanie, peran Kades dan perangkat BPD sangat penting baik dalam pembentukan Bumdes maupun dalam pembinaan yang sudah terbentuk.

"Bagi desa yang sudah memiliki BUMDes itu mereka berkewajiban dalam pembinaan, pengurus BUMDes tentu bisa sharing dengan Kades, BPD dalam kemajuan usaha BUMDes hingga pada pemasaran usahanya itu sendiri," jelasnya.

Menurutnya, semuanya harus ada kerjasama dalam pengembangan usaha BUMDes ini. BUMdes yang sudah terbentuk bukan hanya terbentuk namanya namun harus ada geliat hasilnya.

"Bagi yang sudah terbentuk, tentu kendalanya sekarang pada pemasaran produknya. Makanya perlu dilakukan sebuah kerjasama BUMDes antar desa. Misal Desa Sungai Udang bisa memasarkan produk terasi dari Sungai Perlu," ucapnya. (RENO/B-5)

Berita Terbaru