Barito Utara Kembali Juara Umum Festival Budaya Isen Mulang

  • Oleh Ramadani
  • 23 Juni 2019 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Kabupaten Barito Utara kembali meraih juara umum Festival Budaya Isen Mulang atau FBIM 2019 yang diselenggarakan di Palangka Raya.

Juara serupa diraih kabupaten ini pada 2018 yang diselenggarakan di Kuala Kapuas tahun lalu.

Dengan raihan tersebut ini merupakan rentetan kado indah kabupaten yang akan berulang tahun ke- 69 29 Juni mendatang. Sebelumnya, Barito Utara juga mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kelima kalinya dari BPK RI.

Kontingen Barito Utara meraih juara umum pada FBIM setelah mengungguli utusan 13 kabupaten/ kota se-Kalimantan Tengah. Sementara untuk juara kedua diraih Palangka Raya dan Juara ketiga oleh Barito Selatan. 

Adapun raihan yang diperoleh kontingen Barito Utara yakni 8 medali emas, satu perak dan dua perunggu.

Emas ditorehkan pada cabang lomba Maneweng Manetek Kayu, lagu daerah putra, lagu daerah putri, Mayipet putri, Dayung putri, Dayung putra, Besei Kambe putri, dan Hambayang/Bagasing.

Sementara untuk perolehan medali perak pada cabang lomba Balogo Putra. Sedangkan medali perunggu  diperoleh dari cabang lomba Tari Pesisir dan Besei Kambe Putra.

“Untuk juara harapan I diraih pada dua cabang lomba yakni Mangenta dan Balogo Putri,” kata ketua tim kontingen sekaligus Kadis Budparpora Kabupaten Barito Utara, H Arbaidi, Minggu, 23 Juni 2019.

Arbaidi mengatakan, kontingen Barito Utara saat ini mampu memberikan prestasi sebagai juara umum terbaik yang kedua kalinya diajang Festival Budaya Inseng Mulang.

“Ini semua terjadi selain kerja keras dan totalitas peserta Barito Utara serta adanya dukungan dan doa dari masyarakat,” katanya. (RAMADHANI/B-5/ADV)

Berita Terbaru