Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pangkajene Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Orangtua Harus Aktif Awasi Pergaulan dan Tingkahlaku Anaknya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 24 Juni 2019 - 08:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Orangtua di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) diminta selalu mengawasi pergaulan dan tingkah laku anak mereka, terutama saat beranjak dewasa. 

Pengawasan orangtua perlu agar anak tidak terjerumus ke jalan yang salah sehingga melakukan perbuatan yang dilarang agama dan melanggar hukum.
 
"Saya harap para orangtua lebih ekstra lagi dalam mengawasi pergaulan anaknya. Jangan sampai mereka salah, sehingga terjerumus dan melakukan perbuatan melanggar hukum," ujar Kapolres Kotim AKBP Mohammad Rommel, Senin, 24 Juni 2019. 

Imbauan dirinya tersebut dilakukan karena dalam beberapa pekan terakhir terjadi kasus kriminal terhadap anak di bawah umur dan pelaku kriminal yang masih di bawah umur. Seperti 2 kasus pemerkosaan terhadap anak dan pelakunya juga masih kategori anak.
 
"Hal itu yang harus menjadi perhatian kita semua, pelaku pemerkosaan tersebut masih berusia di bawah 18 tahun, dan itu terjadi pada 2 kasus pemerkosaan di Kotim ini," kata Rommel. 

Dengan adanya hal itu, maka orangtua, dan juga guru di sekolah mereka agar bisa memberikan pemahaman yang baik terkait hal-hal pergaulan. Sehingga mereka bisa mengetahui mana yang harus dilakukan, dan mana yang harus dihindari. Sehingga tidak terjerumus ke jalan yang salah. 

Sebelumnya telah terjadi pemerkosaan terhadap anak berumur 12 tahun yang dilakukan oleh lima orang pria, empat di antaranya masih di bawah umur. Aksi tersebut pun mereka rekam menggunakan telepon genggam hingga tersebar di tengah masyarakat. 

Selain itu, pemerkosaan juga terjadi terhadapa anak berusia 8 tahun. Pelakunya sendiri merupakan karabat dari orangtuanya, dan masih berumur 17 tahun. Dan saat ini sudah ditangkap aparat kepolisian. (MUHAMMAD HAMIM/B-2)

Berita Terbaru