Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Bandung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pendapatan Asli Desa Harus Mampu Menyokong APBDes

  • Oleh Reno
  • 24 Juni 2019 - 10:52 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang - Saat ini terdapat desa di Kabupaten Seruyan yang masih tergantung dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa atau APBDes. Mestinya Pendapatan Asli Desa atau PADes mampu menyokong APBDes itu sendiri.

"Di Seruyan ini sebagian besar desa sudah memiliki pendapatan desa di atas rata-rata, sementara sebagian desa juga belum ada PADes-nya untuk menyokong APBDes," kata Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Seruyan Agus Suharto, Senin 24 Juni 2019.

Menurut Suharto, hal tersebut menjadi perhatian agar desa bisa lebih produktif dalam menggali potensi-potensi yang ada di desa mereka.

Untuk memperoleh pendapatan, tentu desa harus memiliki Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes yang akan menjalankan unit-unit usaha di Desa. Melalui BUMDes ini nanti pendapatan desa bisa lebih terukur dan menghasilkan.

"Kita berharap seluruh desa di 10 Kecamatan di Kabupaten Seruyan memahami tata cara pembentukan BUMDes dan bagaimana nanti berkolaborasi dalam BUMDes milik bersama antar beberapa desa. Sehingga bisa menghasilkan pendapatan asli desa," jelas Agus.

Bukan hanya untuk satu unit usaha, Desa juga harus berinovasi dalam mencari produk-produk unggulan desa dan mencari peluang pendapatan asli desa itu sendiri. 

"Pemkab Seruyan sudah mewanti-wanti desa, paling tidak memiliki unit usaha untuk menghasilkan pendapatan asli desa," tukasnya. (RENO/B-2)

Berita Terbaru