Warga Desa Hajak Minta Perbaikan Jalan AMD Manunggal

  • Oleh Ramadani
  • 24 Juni 2019 - 11:16 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – Warga Desa Hajak meminta agar pemerintah dapat melakukan perbaikan jalan AMD Manunggal menuju Desa Hajak, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara.

Pasalnya jalan yang panjangnya mencapai dua kilometer tersebut terjadi kerusakan yang cukup parah di beberapa titik. Selain itu juga yang menjadi jaur utama warga ke Hajak dalam ini kondisi aspalnya sudah terkelupas. 

Tentunya warga yang melintas harus lebih waspada. Salah seorang warga Hajak, Jovita mengatakan, jalan AMD Manunggal yang merupakan akses utama menuju kantor Desa Hajak rusak parah. Kerusakan ini telah dirasakan warga sekitar tiga tahun lebih.

Dia mengungkapkan, kerusakan jalan diduga lantaran kendaraan seperti truk yang memuat karet melebihi tonase atau kekuatan jalan tersebut sehingga jalan yang dulunya beraspal kini rusak parah.

“Banyak truk yang mengangkut karet melintasi jalan ini, ini yang menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan. Kemungkinan berat truk tersebut melebihi kekuatan jalan,” terangnya, Senin 24 Juni 2019.

Dia mengungkapkan, kerusakan jalan hampir di sepanjang jalan AMD Manunggal, namun untuk titik terparah ada sekitar tujuh titik. “Untuk kerusakan jalan yakni berlubang. Kedalaman lubang mencapai berkisar 20 – 30 centimeter,” ujarnya. 

Pada jalan tersebut memang sudah ada jalan dengan cor rigit beton, namuan diperkirakan hanya sepanjang 500 meter di beberapa titik saja.

Menambahkan hal tersebut, salah satu tokoh masyarakat Desa Hajak, Yohanes Suban menyebutkan, sedikitnya ada enam titik jalan menuju kantor desa yang berlubang dengan kedalaman mencapai 20 sampai 30 centimeter dan diameter sekitar 1 meter hingga 2 meter.

Rusak dan berlubangnya jalan itu, menurut Yohanes, lantaran sering dilalui kendaraan bermuatan berat seperti truk pengangkut karet dan material. Tak hanya mengganggu kenyamanan dan aktifitas warga, kondisi ini juga dapat membahayakan pengendara. 

“Bahkan, tak jarang pengendara motor sering terjatuh hingga terluka akibat menghindari jalan yang berlubang,” terangnya.  

Berita Terbaru