PMI Kotawaringin Barat Harus Kreatif Cari Pendonor Darah

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 24 Juni 2019 - 19:02 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat agar melakukan donor darah sebaiknya Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kabupaten Kotawaringin Barat lebih kreatif menggali berbagai kegiatan yang bisa menyentuh hati calon pendonor.

“Berbagai kegiatan di antaranya menggelar film documenter tentang korban yang kena musibah yang selamat dan memerlukan darah atau para pasien yang rumah sakit yang sangat membutuhkan donor darah," ujar Triyanto, Ketua DPRD Kobar, Senin, 24 Juni 2019.

Menurutnya, memang benar pada prinsipnya saat ini masyarakat sudah mengetahui pentingnya donor darah bagi kesehatan.

Hanya saja masyarakat banyak yang enggan karena belum tersentuh hatinya bahkan untuk melakukan donor juga belum mengetahui ke mana harus mendonorkan darahnya. 

"PMI harus mobile dan jemput bola mendatangi desa karena saya rasa masyarakat mulai banyak mengetahui pentingnya donor bagi kesehatan, tapi masyarakat masih banyak yang belum tahu ke mana harus donor, terutama masyarakat desa. Yang pasti masyarakat berkeinginan untuk donor darah," ungkapnya.

Dia menyarankan PMI membuat inovasi sebuah acara yang menarik agar masyarakat datang, kemudian selipkan kegiatan aksi donor darah. 

“Jadi PMI harus berani berinovasi menggelar berbagai kegiatan dengan tujuan menarik masyarakat terutama para remaja untuk ikut serta melakukan donor darah. Saya rasa jika PMI ada kemauan berinovasi pasti banyak yang ingin mendonorkan darahnya," ujarnya.

Dengan banyaknya yang mendonorkan darah, maka tidak sampai kehabisan stok darah, mengingat RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun menjadi rumah sakit rujukan.

Pasiennya tidak hanya dari masyarakat Kobar saja, tapi juga dari kabupaten tetangga. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru