Banjir Akibat Luapan Sungai Katingan Berangsur Surut

  • Oleh Abdul Gofur
  • 25 Juni 2019 - 09:20 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Banjir akibat luapan Sungai Katingan yang sempat menyebabkan sejumlah wilayah di Kasongan terendam kini berangsur surut.

Dari pantauan borneonews.co.id Senin, 24 Juni 2019, sejumlah wilayah yang sebelumnya digenangi banjir kini sudah mulai surut. Namun demikian di beberapa titik masih ada pekarangan warga yang masih tergenang air, terutama dataran rendah.

Meski berangsur surut, Sungai Katingan masih tampak meluap. Akan tetapi luapan airnya jauh berkurang dibanding beberapa hari lalu.

"Dibanding tiga hari lalu hari ini sudah jauh lebih surut meski Sungai Katingan masih meluap di beberapa tempat, seperti sekitar Jembatan Sei Katingan," ujar Wawan, warga Kasongan.

Menurutnya, luapan Sungai Katingan ini dipengaruhi curah hujan tinggi di wilayah hulu Katingan.

"Ya kalau curah hujannya berkurang terutama di wilayah hulu, kemungkinan banjir yang masih menggenangi sejumlah tempat di Kasongan akan segera kering kembali," imbuhnya.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Katingan, Ahmad Rubama mengakui sampai saat ini sejumlah wilayah masih terendam banjir seperti Katingan Hilir dan Tasik Payawan serta Kecamatan Kamipang. Akan tetapi banjir yang menggenangi permukiman warga ini berangsur surut. (ABDUL GOFUR/B-2).


TAGS:

Berita Terbaru